Nama-Nama Al Qur’an


Allah memberi nama kitab-Nya dengan  Al Qur’an yang berati bacaan arti ini dapat kita lihat dalam surat(75) Al Qiaamah ayat 17 dan 18 sebagaimana tersebut diatas,nama ini dikuatkan  oleh ayat – ayat yeng terdapat dalam surat Al Isra ayat 88,Al Baqarah ayat 85 ,Al Hiijr ayat 87.
Menurut pengertian diatas ,Al  Qur’an  itu dipakai sebagai nama bagi kalam Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad.s.a.w
Selalin Al Qur’an,Allah juga memberi  beberapa nama lain bagi kitab-Nya ,seperti:
  1. Al Kitab Atau Kitaabullah,merupakan sinonim dari perkataan Al Qur’an sebagaimana tersebut dalam surat Al Baqarah ayat 2 yang artinya:”Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya…….”lihat pula surat Al An’aam ayat 114.
  2. Al Furqaan”Al Furqaan”Artinya “Pembela” ialah yang membedakan yang benar dan yang bathil,sebagaimana  tersebut dalam surat Al Furqan ayat 1 yang artinya:”Maha Agung (Allah) yang telah menurunkan Al Furqaan kepada hamba-Nya ,agar ia menjadi peringatan kepada seluruh alam”.
  3. Adz-Dzikir Artinya:Peringatan”Sebagaimana yang tersebut dalam surat Al Hijr ayat 9 yang artinya:”Sesungguhnya kamilah yang menurunkakn:”Adz-Dzikir”dan sesungguhnya kamilah penjaganya”.(lihat ppula surat An Nahl ayat 44).

Dari nama-nama yang tiga diatas ,yang paling mashur dan merupakan nama khas ialah”Al Qur’an”.
Selain dari nama tiga diatas  adalagi beberapa nama bagi Al Qur’an ,Imam As Suyuthi dalam kitabnya “Al Itqan”  menyebutkan nama-nama Al Qur’an diantaranya; Al Mubiin,Al Kariim,Al Kalam,An Nuur.





Powered by Blogger.